About Me

HMP FISIKA GRAFTASI UNS
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Sabtu, 25 September 2010

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN SW'10


ANALISIS MATERI LOMBA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP.

Nama   : Fendy Novafianto
NIM    : 08302244015
Asal     : Pend. Fis. UNY       

A. MATERI.
1. Sifat kelistrikan.
Karena percobaan menggunakan benda (penghantar) padat, maka definisi benda bermuatan negatif cukup : benda yang kelebihan elektron. (Tidak perlu menyebutkan kekurangan proton, karena pada benda padat proton tidak bergerak).
Untuk benda bermuatan positif cukup : benda kekurangan elektron.
2. Muatan listrik.
Dari hasil percobaan tidak disebutkan :
  1. mengapa mistar yang digosok bulu binatang menolak batang yang digantung dan bila mistar digosok kain sutera menarik batang yang digantung.
  2. Bagaimana proses pemuatan mistar dan muatan apa yang terjadi bila mistar digosok bulu binatang dan muatan apa bila mistar digosok kain sutera.
3. Hukum Ohm.
Dari definisi yang diajukan, perumusannya lebih tepat bila dimulai dari : V ~ i. dan setelah dimasukkan konstanta pembanding menjadi V = R i.
4. Hukum Kirchoff.
Berdasarkan gambar di halaman 9, seharusnnya dirumuskan :
Imasuk = Ikeluar + Ikeluar.
5. Rangkaian listrik.
Lebih tepat bila disebut rangkaian hambatan.
  1. rangkaian seri adalah rangkaian yang benda atau tegangannya dirangkai secara berderet. Lebih tepat bila didefinisikan : Rangkaian seri adalah rangkaian hambatan yang disusun berderet (bersambungan).
  2. Analog untuk rangkaian paralel.

B. ANIMASI.
Pada konduktor padat, muatan + tidak bergerak, hanya muatan – yang bergerak. Analisis muatan seharusnya muatan-muatan yang ada di daun elektroskop, bukan di batang daun elektroskop. Bila muatan – (elektron) di daun elektroskop ditarik oleh muatan positif di bola logam, muatan + muncul di daun elektroskop, tidak berpindah dari tangkai daun elektroskop ke daun elektroskop seperti pada animasi. Antara muatan sejenis tolak menolak. Pada animasi : saat muatan – yang besar di daun elektroskop sebagian ditarik oleh muatan + di bola logam, muatan –di elektroskop menjadi lebih kecil sehingga daun elektroskop tarik-menarik.  Seharusnya : karena muatan di daun elektroskop tetap sama, yaitu muatan - , maka saat muatannya besar gaya tolaknya besar dan saat muatannya kecil gaya tolaknya kecil, bukan berubah menjadi gaya tarik.


ANALISIS MATERI LOMBA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP.

Nama   : Dyan Lisdianto
NIM    : K2306023
Asal     : Prodi Pend. Fisika FKIP UNS.

A. MATERI.
             ----------
B. ANIMASI.
1. Mata miopi.
            Tidak ada animasi :     - mata melihat di titik dekat jelas.
                                                - Menentukan titik jauh.
2. Mata presbiopi
            Animasi menentukan titik dekat tidak ada
3. Kaca mata dobel lensa tidak selalu – dan + tetapi dapat juga + dan +
4. Lup. Berakomodasi aksimum cepat lelah, tak berakomodasi tidak cepat lelah, tidak disebutkan mengapa
5. Tidak bisa langsung kembali ke menu
6. Mikroskop belum disebutkan fungsi lensa objektif dan lensa okuler
7. Teropong Bintang. Perbesaran berakomodasi maksimum :
             seharusnya  
8. Teropong Bumi. Pembetulan seperti pada teropong bintang
            Benda pada lensa pembalik seharusnya pada jarak : s = 2 f  = s’ , sehingga
d = fob + 4fpbl + fok  (untuk tidak berakomodasi)
9. Kamera. Animasi pembentukan bayangan kurang jelas.
           

ANALISIS MATERI LOMBA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP.

Nama   : Dodik Isdiyantoro, S.Pd
NIM    : K2302018
Asal     : Pascasarjana prodi Sain UNS.

MATERI DAN ANIMASI.
Mobil bergerak, sopir diam terhadap mobil
Pohon-pohon bergerak terhadap mobil
Rumusan panjang lintasan tidak ada
Persamaan kecepatan rata-rata tidak ada
Animasi percepatan pada gerak kelapa jatuh kurang nampak
Animasi perlambatan tidak ada
Persamaan-persamaan pada geruk lurus berubah beraturan tidak ada
Tombol kembali ke menu sebagian tidak ada
Baik materi maupun animasi terlalu sederhana


Komentar Juri

Dalam lomba media pembelajaran kali ini, belum ditemukan hasil karya yang memenuhi kriteria. Baik dalam materi maupun animasi masih banyak mengalami kekurangan, maka dari itu tingkat kejuaraan ditentukan berdasarkan ranking hasil, baik animasi maupun materi dan bukan berdasarkan kualitas.

Berdasarkan kenyataan di atas, maka juri memutuskan tidak ada juara satu dan dua. Kejuaraan ditentukan mulai dari juara III, Juara Harapan I, dan juara Harapan II.

Dari koreksi beberapa juri, maka panitia memutuskan:
Juara III                      :  Fendy Novafianto                dari UNY
Juara Harapan I           :  Dyan Lisdianto                    dari UNS
Juara Harapan II         :  Dodik Isdiantoro, S.Pd        dari Pascasarjana UNS



Surakarta, 24 September 2010.
Mengetahui
Juri Materi                                                                   Juri Animasi



Drs. Darianto                                                              Teguh Raharjo, M.Si




           



















3 komentar:

Anonim mengatakan...

trus bagi yang menang bagaimana?

Anonim mengatakan...

Analisis materi lomba media pembelajarannya keren...tapi alangkah baiknya bila qt2 bs melihat jg bagamana animasinya. Mungkin animasi & makalahnya bisa ditampilkan jg.Untuk nambah pengetahuan qt2 & biar lebih jelas mana yang kurang tepat.ok...ato paling g gambar2nya & materi fisikanya..
Grafitasi keren!
teruslah berkarya untuk fisika......

Anonim mengatakan...

ada pemberitahuan resmi ke univ gak?

Entri Populer

Tempat Ng_chat :


ShoutMix chat widget

Jumlah Pengujung


Website counter